“ You are what you think “

(Profil Alumni : Pepen Supendi)Pepen-Supendi-Bina-Siswa-Alumni

Pada umumnya,  salah satu visi sebuah sekolah adalah “menciptakan lulusan yang terbaik dan berkompeten”. Itu artinya setiap lulusan sekolah tersebut diharapkan menjadi lulusan terbaik, berkompeten dan siap menempuh ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Termasuk salah satu lulusan asrama pendidikan milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua Kabupaten Bandung Barat (dan juga lulusan SMAN 1 Cisarua) yakni Pepen Supendi. Ia merupakan salah satu lulusan Asrama Bina Siswa yang berasal dari Kota Tasikmalaya. Ia merupakan salah satu member dari Angkuh (Angkatan Tujuh) yang lulus pada tahun 2004. Kelulusan tersebut berlanjut pada kesuksesannya masuk ke Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) di jurusan Bea Cukai. Padahal pada saat Ia masih duduk di SMAN 1 Cisarua, Ia merupakan siswa dari Jurusan IPA, yang mana katanya Ia juga anti pada Akuntansi. Tapi ternyata dengan keyakinan dan terus belajar Ia akhirnya bisa masuk dan sukses di STAN sehingga dapat bekerja di Direktorat Jendral Bea Cukai.

Awalnya Kang Pepen (panggilan akrab) ini,ingin sekali masuk ke Akademi Militer (AKMIL) tapi sayangnya Ia gagal pada tahap ke-5, tapi itu tidak membuat Kang Pepen ini berputus asa dan memutuskan untuk daftar ke STAN.

Di STAN juga, Kang Pepen ini ternyata mulai dari nol lagi. Pasalnya saat ia diterima di STAN jurusan Bea Cukai ini Ia belum tahu bagaimana dan pengajaran apa itu? Tapi tak dapat mengalahkan keyakinan Kang Pepen saat itu, walaupun Ia anti sama akuntansi, tapi dengan semangat belajar dan keyakinan yang tinggi, ia malah mendapatkan hasil A pada pelajaran Akuntansi (dadakan aja dapat A, apalagi kalau ada persiapan ya.. ). Apalagi Ia juga berkeyakinan bahwa dengan keseriusan belajar kita dapat mencapai kesuksesan. Alhasil Ia mendapatkan IPK 3,55 dan akhirnya ditempatkan kerja di Semarang.

Taruna kelahiran Tasikmalaya 7 September 1985 dan mempunyai prinsip “you are what you think” ini juga punya cerita perjuangan yang inspiratif lho “saya masih ingat dulu daftar STAN memakai uang kadeudeuh dari pak gubernur dikasih 400 ribu, 200 ribu nya sy kasih ibu, 200 ribu nya lagi untuk daftar ke STAN, perjuangan saya sangat terasa seminggu sebelum ujianya..

saya belajar terus..bangun tengah malam untuk tahajud kemudian belajar sampai shubuh

setelah sholat shubuh dilanjut belajar, saya hanya ngotak ngatik soal-soal STAN-nya saja, disamping kita ikhtiar secara syariat, secara hakikat pun harus kita dukung seperti shalat tahajud, shalat hajat dan shalat dhuha, alhamdulillah hasilnya saya rasakan”.

Dan ternyata kesuksesannya itu berawal dari Bina Siswa lho. Disinilah Ia mulai menemukan jati diri, ilmu agama dan iptek. Ngomong-ngomong soal ilmu agama, Ia memiliki kesan tersendiri pada bapak. H. Abdul Mujib S. Ag (alias babeh kita) “kata-kata yang masih saya ingat dari guru saya pak mujib : dimanapun kamu berada jangan pernah meninggalkan sholat dan jangan lupa untuk berbakti sama kedua orang tua, karena sehebat apapun diri kita kalo tidak pernah melaksanakan ibadah/sholat dan tidak berbakti sama orang tua maka hidupnya akan sia-sia”. Ternyata kata-kata babeh selalu menjadi dasar pemikiran agama salah satu alumnus terbaik di Bina Siswa ini juga ya. (satu jempol buat pak Mujib).

Tidak hanya itu, Kang Pepen juga memegang prinsip hormat sama kakak kelas “karena saya juga minta arahan dari senior-senior saya di bea cukai.

Kalau saya di dunia kerja atau di kantor selalu punya pandangan : sehebat dan sepintar apapun diri ini, saya harus tetap menghormati dan menghargai senior saya, karena bagaimanapun mereka lebih dulu masuknya daripada saya dan mereka menang pengalaman walaupun kita menang secara intelektual tapi tidak menghargai senior ya percuma saja pasti kita gak akan disukai. Tapi kalau memadukan antara intelektual yang kita miliki dengan disertai rasa hormat dan menghargai senior atau atasan kita insya Alloh kita bisa dipercaya” begitulah saat saya wawancarai Ia memalui jejaring social Facebook.

Kang Pepen juga mempunyai tips buat siswa-siswa Bina Siswa SMA Plus katanya : “ya kalo tips-tips yang bisa saya berikan mungkin : pertama kalian harus bersyukur terlebih dahulu karena telah manjadi bagian dari Binsis (Bina Siswa SMA Plus Cisarua) yang semuanya dapat fasilitas, tinggal kalian memaksimalkan. Kedua semua bersumber dari diri sendiri terlebih dahulu, guru-guru, pembina di asrama hanya fasilitator aja, filosopis sy dulu seperti ini : DIRI INI IBARAT BOLA, BOLA MAU DILEMPAR KEMANAPUN TERSERAH DIRI KITA, NAH KALAU JALAN KITA INGIN LURUS YA LEMPAR LAH BOLA ITU SECARA LURUS. Ketiga yakinlah semua pasti ada jalan..sesulit apapun jalan itu kalo itu sudah menjadi rejeki kita insya Alloh gak akan kemana”.

Wahh … terima kasih kang. Tapi tak hanya itu, Kang Pepen juga punya tips buat yang mau masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (alias STAN)” harus sering di asah kemampuan, terus perbanyak belajar, kalo pengen nyoba ke STAN perbanyak latihan soal-soal STAN karena dulu juga saya seperti itu dan tidak ada salahnya kalau ada try out STAN ya ikutan dan jangan lupa minta doa sama kedua orang tua kita dan guru-guru kita”

Nah mungkin itulah sekilas kisah sukses Kang Pepen. Ternyata perpaduan antara imtaq dan iptek itu bisa membantu kita dalam mencapai kesuksesan dan jangan lupa perjuangan harus disertai dengan do’a (kayak bang haji Rhoma Irama ya).

Penulis: Yosan Ermawansyah
Siswa Asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua
Angkatan XVII – (Kelas XI)

7 thoughts on ““ You are what you think “

  1. Disetiap visi sekolah pasti berbunyi “menciptakan lulusan yang terbaik dan berkompeten”. Itu artinya setiap lulusan sekolah tersebut pastilah berkompeten dan siap menempuh ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan jaminan siswa merupakan lulusan terbaik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s