” AJANG RUKMAYANA KE KOREA “

AJANG-R

Penulis: Rivaldi (Siswa kelas XI / Angkatan XVII Asrama Bina Siswa)

 Pemerintah Indonesia semakin serius menangani masalah pendidikan. Terbukti dari 20% APBN ditujukan untuk kepentingan bidang pendidikan. Kita sepatutnya memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena hal tersebut.

Sekarang ini banyak sekolah di Indonesia telah melaksanakan pendidikan gratis. Hal ini membawa dampak positif khususnya bagi masyarakat yang memiliki tingkat perekonomian rendah. Mereka sudah bisa mengecap dunia pendidikan yang dulu bagi setiap orang dianggap mahal dan hal itu perlahan mengubah paradigma bahwa pendidikan hanya milik orang kaya, orang miskin dilarang sekolah. Salah satu bukti nyata akan hal itu  adalah dariPemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua memberikan kesempatan melanjutkan sekolah dan asrama gratis kepada para putra/putri daerah untuk siswa/siswi lulusan SMP/MTs yang berprestasi dan berpotensi dengan status dari kategori keluarga tidak mampu secara ekonomi. Dan salah satu alumni dari Asrama Bina Siswa SMA Plus Cisarua adalah Ajang Rukmayana.

AJANG-RUMAYANA-4

Ajang Rukmayana adalah salah seorang alumni Bina Siswa SMA Plus Cisarua Prov. Jawa Barat yang pernah meraih mendali Emas di OSN bidang kebumian Ke-4 se Indonesia dan menjadi  perwakian Indonesia untuk mengikuti Olimpiade di Italy. Namun Kang Ajang ini tidak melanjutkan olimpiade ke Italy, ia malah mengambil kuliah di ITB. Penasaran kenapa Kang Ajang ini memilih kuliah dibanding olimpiade di Italy?

Berikut penuturannya:

“Alasannya simpel, waktu saya di terima di ITB jalur undangan, dan gak banyak yang lolos dengan jalur itu, dan lagi saat pertamakali pendaftaran, ada permasalahan mengenai beasiswa Bidik Misi yang saya dapat, waktu itu saya tidak terdaftar sebagai penerima bidik misi, kemudian bu Yayah (Guru SMAN 1 CISARUA) pergi ke Direktorat ITB dan mengurusi semuanya. Akang rasa sulit sekali saat itu untuk dapat kesempatan kuliah di  ITB, kalau harus lepas ITB dan pergi olimpiade, rasanya kayak buang masa depan, karena waktu itu gak ada izin Olimpiade saat orientasi di ITB biar pun Cuma seminggu. Jadi biarpun berat ya pilih ITB akhirnya.”

Tak hanya itu, setelah  Kang Ajang kuliah di ITB selama kurang-lebih satu semester, ia juga mendapatkan beasiswa kuliah gratis di Korea. Waaaw…. Hebatkan….?. Tentunya untuk mendapatkan beasiswa di Korea tidaklah mudah, perlu 3 round seleksi dan akhirnya bisa didapatkan juga.

AJANG-RUKMAYANA-2

Setelah Kang Ajang berada di Korea ternyata kesulitan terbesar adalah masalah BAHASA, soalnya bahasa Korea dan Indonesia/Inggris benar-benar berbeda, dari grammar, pronouncation, sampai ke strukturnya.

Tapi akhirnya setelah belajar 8 bulan ia bisa lolos level 3 tes propiciency bahasa korea (tes yang diperlukan untuk bisa mengambil kuiah berbahasa korea). Selain itu cara belajar di Korea dan di Indonesia khususnya di ITB sangatlah berbeda, di Korea orang-orang tidak megenal namanya kisi-kisi, jadi soal yang keluar random. Kadang aneh dan tak terduga, yang pasti lebih sulit dan butuh banyak usaha. Apalagi mengenai bahasa harus sering bertanya pada orang Koreanya.

Selain itu banyak perbedaan lain yang Kang Ajang temukan di Korea antaralain minum Alkohol adalah budaya dan daging babi adalah daging utama. Selain itu mereka tidak menganggap agama sebagai hal penting. Karena mereka sangat liberal, jadi sangat toleran pada agama lain.

AJANG-RUKMAYANA-3

Waw,,, mau seperti Kang Ajang?

Nah, berikut pesan-pesannya:

Terus temukan passion kalian, pelajari dalami dan nikmati, dan semangat terus belajarnya…

Tips agar bisa jadi orang sukses seperti Kang Ajang:

·       Tunjukan seberapa jauh kalian memiliki passion ataua ketertarikan akan suatu bidang.

·         Pelajari dan nikmati bidang itu.

·     Tak lupa juga sebutkan harapan dan cita-cita kalian untuk berkontribusi pada bidang tersebut.

·         Tunjukan dalam Study Plan.

·         Bulatkan tujuan.

·         Tujuan yang beralasan hal terpenting.

  • Saat ini Ajang Rukmayana kuliah di Seoul National University.

10 thoughts on “” AJANG RUKMAYANA KE KOREA “

  1. Subchanallah..
    Hidup nya, oh tidak, perjuangan’y bnar2 ‘something’, hmm semoga kang Ajang dpat meraih suksess dan berkah yg lebih banyak lagi di seoul, amiin ..#doa.bareng

    aaah semoga aku juga dpat m’jadi orang yg sperti kang Ajang .. hihi🙂

    oh,, boleh minta info2 terbaru tntang Asrama Bina Siswa Cisarua?? Mohon bantuan’y, aku berencana untk masuk kedala lembaga yg superwauww ini, maaf kalau aku tk sopan🙂
    Maimunah SMP NU TENAJAR KIDUL

    choimoona.royalshiper@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s